Berita Cosplay

cosplayer kok jualan FS

cosplayer kok jualan FS

Cibiran singkat,yang belakangan sering ramai terdengar dan banyak berseliweran di lini masa media sosial kalangan para pecinta hoby cosplay di Indonesia,hal ini didasari oleh sempat viralnya sebuah pernyataan seseorang yang mengomentari fenomena pemberian FS oleh seorang cosplayer dengan syarat atau imbalan tertentu.

fenomena yang menuai pro & kontra di kalangan pecinta cosplay di Indonesia ini memang sebuah topik yang sangat hangat untuk diperbincangkan dan sangat layak untuk diabahas.

lalu,apakah ada hukumnya jika seorang cosplayer menawarkan FS dengan syarat tertentu atau dengan imbalan nominal rupiah tertentu.?

website cosplayerindonesia.com akan coba membahasnya.

pengertian FS

baik sobat cosplayer,sebelum membahas lebih jauh mengenai fenomena jual beli FS oleh oknum cosplayer Indonesia,ada baiknya kita pahami dulu pengertian FS di sini.

jika kamu belum memahami apa itu FS,FS merupakan singkatan dari kata Friend Sign atau Fans Sign, sebuah kata yang berasal dari serapan  bahasa inggris,yang bila diterjemahkan secara harfiah ke dalam bahasa Indonesia bermakna sebuah tanda pertemanan.

di dunia cosplay Indonesia,FS atau friend Sign biasanya dibuat dengan cara membuat sebuah tulisan nama seseorang yang dibuat atau ditulis diatas secarcik kertas ataupun dibuat di media lainnya,entah itu gadget hingga di bagian tubuh seorang cosplayer.

FS atau Friend sign biasanya dibuat oleh seorang cosplayer yang kemudian akan diberikan atau ditujukan ke seseorang sebagai bukti pertemanan atau tanda kedekatan dengan seorang cosplayer.

sesorang fans maupun pecinta cosplay yang menerima sebuah FS atau friend sign dari cosplayer,tentu akan merasa bangga dan senang,karena dengan sebuah FS dari cosplayer,menjadi pembuktian kedekatan seseorang dengan cosplayer tertentu yang menjadi Idolanya.

Fenomena jual beli FS

 

pada awalnya di dunia cosplay Indonesia,pemberian sebuah FS atau friend sign dari seorang cosplayer kepada fans atau teman sebenarnya hal lumrah yang biasa terjadi,bahkan dalam sejarahnya,pertukaran FS atau Friend Sign antar cosplayer adalah hal yang biasa dan sukarela dilakukan di dunia cosplay Indonesia.

pada masanya dulu,pertukaran FS antar cosplayer ini hal biasa yang dilakukan sebagai bukti pertemanan antar cosplayer,juga sebagai bukti kedekatan antar cosplayer-cosplayer

namun dalam beberapa tahun terakhir,pemberian FS atau friend sign memiliki ruang lingkup yang lebih luas,tidak hanya pertukaran FS antar cosplayer,namun meluas ke kalangan umum pecinta cosplay, kini pertukaran FS tidak hanya terjadi di antara cosplayer,namun juga antara cosplayer dan para fans atau pendukungnya.

sebuah celah kecil yang justru dimanfaatkan beberapa oknum cosplayer untuk mengambil keuntungan,berawal dari celah kecil ini,seiring berjalannya waktu beberapa oknum cosplayer mulai berani “menjual” FS kepada khalayak umum,dengan modus akan memberikan FS atau friend sign,oknum cosplayer biasanya akan memberikan FS dengan syarat tertentu.

modus yang paling umum sih,oknum cosplayer mewajibkan calon penerima FS untuk memfollow akun sosial media cosplayer, hingga modus yang ekstrim,memberikan FS dengan nominal harga tertentu

pro dan kontra atas fenomena ini pun berkembang secara hangat,sebagian kalangan banyak yang mendukung cosplayer yang “menjual” FS kepada orang lain,dengan alasan membuat FS itu butuh tenaga dan waktu,ada harga yang dikeluarkan untuk membuat sebuah FS.

sebagian kalangan lainnya menolak cosplayer yang “menjual” FS, alasannya,FS atau friend sign adalah sebuah bentuk pertemanan atau penghargaan kepada fans atau teman,dan tidak layak untuk diperjual belikan.

FS berbayar,bolehkah?

seperti yang sudah dibahas di atas,fenomena jual beli FS menjadi hal yang banyak di perbincangkan di kalangan pecinta cosplay Indonesia,

lalu apa hukumnya sih,apakah boleh menjual FS.?

menurut opini dari penulis website cosplayerindonesia.co ,fenomena jual beli FS atau Friend Sign di kalangan cosplayer mungkin sah-sah saja secara hukum,selama tidak ada unsur penipuan yang dilakukan cosplayer.

menurut pandangan cosplayerindonesia.com, FS atau Friend Sign bisa menjadi merchandise yang merepresentasikan sang cosplayer,jual beli FS atau friends sign bisa dikategorikan sebagai jual beli merchandise yang dilakukan oleh cosplayer kepada fans nya.

namun secara etika,jual beli FS atau friend sign mungkin agak melenceng dari norma-norma kebaikan,karena pada dasarnya FS atau friend sign itu sebuah tanda pertemanan atau ibarat sebuah penghargaan yang diberikan cosplayer kepada fans nya.

jadi,sobat cosplayer ada di pihak mana nih..?
FS gratis atau FS berbayar.?
share & komen ya
photo by :
melii
naya
valen
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Erwi

Namanya Cosplay Siapa?

Ivan

Wkwkww ga faedah anj*** sama aja kita dengan membeli teman dan istilah nya bergaul kok dengan cara fs wkwk anti sosial lu ? Makanya aku selalu bilang ke temen ku kalo mereka dpt fs
“Emang kamu kenal Ama mereka” dia jawab kenal dia tetangga ku, Alhamdulillah kalo gitu kwkwkw

realsifo

boleh aja itu costpalyer jualan fs 🙂

ya mirip gnu linux os pakai model donasi , jualan pernak pernik kaos, mug, piring , gelas sendok berlogo distro gnu linuxnya 😀

Back to top button
error: Content is protected !!
4
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x